Jumat, 30 November 2012

* Berbagai macam model modifikasi motor di Indonesia dewasa ini berkembang pesat di kalangan masyarakat baik pengedara muda maupun dewasa demi kepuasan diri ingin tampil bedah dengan yang lainnya. Motor yang dimodifpun beraneka ragam mulai dari motor bebek, metic, sport, vespa hingga motor besar dengan keragaman pengecatan sesuai dengan keinginan pemiliknya *
B. Kemunculan Bengkel Modifikasi Motor
Maraknya keinginan untuk memodifikasi motor tunggangannya itu membuat tumbuhnya bengkel-bengkel  motor di Indonesia, baik yang bengkel resmi dari pabrikan dan bengkel non pabrikan atau milik perorangan. Kemunculan bengkel tersebut juga bernacam-macam layanannya khusus bengkel dari pabrikan tidak melayani dalam memodifikasi hanya bersifat service mesin kendaraan baik yang sifatnya ringan atau bersifat berat misalkan turun mesin. Segala sesuatu yang berujung pada pembongkaran mesin harus mengacu pada prosedur yang telah distandardkan oleh pabrikan termasuk suku cadangnya menyediakan keorisinalan produk dari merek kendaraan tersebut. Untuk mendirikan Bengkel jenis ini tidak mudah, karena memerlukan modal yang besar dari pemiliknya dan bengkel ini harus mempunyai ikatan resmi bersertifikasi dari merek kendaraan tertentu. Para karyawannyapun harus mendapat pelatihan secara resmi dari pabrikan, tidak asal comat saja dilapangan. Bengkel resmi dari merek-merek motor yang diperdagangkan di indonesia itu, telah tumbuh banyak di berbagai kota diseluruh Indonesia baik yang berada di kota kecil maupun berada di kota besar. Bengkel standard pabrikan biasanya merangkap di setiap showroom penjualan motor dari berbagai macam merek seperti Yamaha. Honda, Suzuki, Kawasaki serta merek lainnya. Sedangkan bengkel perorangan atau bengkel yang dikelolah oleh komunitas termasuk dalam klasifikasi satandard dan modifikasi, tergantung pelayanan dari bengkel tersebut. Untuk bengkel pengelolaan perorangan banyak jumlahnya baik skala kecil dan menegah. Keberadaan bengkel jenis ini telah mengakar di tengah masyarakat karena jumlahanya banyak, hampir disepanjnag jalan mana saja selalu ada bengkel semacam ini ada kalanya merangkap penjualan suku cadang dari beragam merek kendaraan bermotor dan ada juga bengkel yang hanya menerima service saja yang keberadaanya menumpang di emperan tempat tinggalnya atau di halaman rumahnya. Usaha bengkel yang satu ini memang mudah dan bermodalkan kecilpun juga bisa berdiri sebagai pengusaha…wee…keren juga namanya…itu…, Hanya dengan bermodalkan pengalaman bongkar pasang motor sekalian hobby itu sudah dapat membuka usaha ini. Perekrutan karyawanpun tidak berbelit-belit… tinggal kesepakatan saja dengan pemiliknya….paling-paling ditanya soal mesin…!. Lain lagi bengkel yang dikelolah dengan kriteria khusus, merupakan bengkel yang dikenal dengan nama “Bengkel Modifikasi”. Untuk golongan bengkel semacam ini ada yang dikelolah oleh perorangan dan juga ada yang dikelolah oleh komunitas motor. Jenis layanannya juga beragam ada yang service biasa, ada juga yang  dikorek atau dikilik  mesinnya, misalkan diganti karbu, piston serta yang lainnya hingga motor menjadi beringas … tak terkendali oleh orang yang setengah-setengah nyalinya… untuk narik gas… pol…gitu…!!!. Hati-hati lho, kalau mengendarai yang satu ini… jika meleng… langsung jumpalitan di jalan raya bahkan bisa mencium tuhh…aspal jalanan…, atau nyungsep ke tengah sawah jika ngebut di jalan yang kanan kirinya itu banyak tanaman padinya. Bengkel jenis ini biasanya disenangi oleh anak-anak muda yang suka kebut-kebutan di jalan raya guna menujukkan eksistensinya sebagai anak muda, bahkan pada kasus-kasus tertentu bisa dijadikan taruhan yang memerlukan nyali khusus para pengendaranya. Dalam kasus seperti ini, tidak jarang aparat kepolisian dibuat pusing… oleh ulah kelompok-kelompok tertentu yang menyelenggarakan adu balap liar tersebut, dimana keberadaannya sudah menjalar ke berbagai macam lingkungan dikota-kota seluruh wilayah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar