* Berbagai macam model modifikasi motor di
Indonesia dewasa ini berkembang pesat di kalangan masyarakat baik
pengedara muda maupun dewasa demi kepuasan diri ingin tampil bedah
dengan yang lainnya. Motor yang dimodifpun beraneka ragam mulai dari
motor bebek, metic, sport, vespa hingga motor besar dengan keragaman
pengecatan sesuai dengan keinginan pemiliknya *
B. Kemunculan Bengkel Modifikasi Motor
Maraknya keinginan untuk memodifikasi motor tunggangannya itu membuat
tumbuhnya bengkel-bengkel motor di Indonesia, baik yang bengkel resmi
dari pabrikan dan bengkel non pabrikan atau milik perorangan. Kemunculan
bengkel tersebut juga bernacam-macam layanannya khusus bengkel dari
pabrikan tidak melayani dalam memodifikasi hanya bersifat service mesin
kendaraan baik yang sifatnya ringan atau bersifat berat misalkan turun
mesin. Segala sesuatu yang berujung pada pembongkaran mesin harus
mengacu pada prosedur yang telah distandardkan oleh pabrikan termasuk
suku cadangnya menyediakan keorisinalan produk dari merek kendaraan
tersebut. Untuk mendirikan Bengkel jenis ini tidak mudah, karena
memerlukan modal yang besar dari pemiliknya dan bengkel ini harus
mempunyai ikatan resmi bersertifikasi dari merek kendaraan tertentu.
Para karyawannyapun harus mendapat pelatihan secara resmi dari pabrikan,
tidak asal comat saja dilapangan. Bengkel resmi dari merek-merek motor
yang diperdagangkan di indonesia itu, telah tumbuh banyak di berbagai
kota diseluruh Indonesia baik yang berada di kota kecil maupun berada di
kota besar. Bengkel standard pabrikan biasanya merangkap di setiap
showroom penjualan motor dari berbagai macam merek seperti Yamaha.
Honda, Suzuki, Kawasaki serta merek lainnya. Sedangkan bengkel
perorangan atau bengkel yang dikelolah oleh komunitas termasuk dalam
klasifikasi satandard dan modifikasi, tergantung pelayanan dari bengkel
tersebut. Untuk bengkel pengelolaan perorangan banyak jumlahnya baik
skala kecil dan menegah. Keberadaan bengkel jenis ini telah mengakar di
tengah masyarakat karena jumlahanya banyak, hampir disepanjnag jalan
mana saja selalu ada bengkel semacam ini ada kalanya merangkap penjualan
suku cadang dari beragam merek kendaraan bermotor dan ada juga bengkel
yang hanya menerima service saja yang keberadaanya menumpang di emperan
tempat tinggalnya atau di halaman rumahnya. Usaha bengkel yang satu ini
memang mudah dan bermodalkan kecilpun juga bisa berdiri sebagai
pengusaha…wee…keren juga namanya…itu…, Hanya dengan bermodalkan
pengalaman bongkar pasang motor sekalian hobby itu sudah dapat membuka
usaha ini. Perekrutan karyawanpun tidak berbelit-belit… tinggal
kesepakatan saja dengan pemiliknya….paling-paling ditanya soal mesin…!.
Lain lagi bengkel yang dikelolah dengan kriteria khusus, merupakan
bengkel yang dikenal dengan nama “Bengkel Modifikasi”. Untuk golongan
bengkel semacam ini ada yang dikelolah oleh perorangan dan juga ada yang
dikelolah oleh komunitas motor. Jenis layanannya juga beragam ada yang
service biasa, ada juga yang dikorek atau dikilik mesinnya, misalkan
diganti karbu, piston serta yang lainnya hingga motor menjadi beringas …
tak terkendali oleh orang yang setengah-setengah nyalinya… untuk narik
gas… pol…gitu…!!!. Hati-hati lho, kalau mengendarai yang satu ini… jika
meleng… langsung jumpalitan di jalan raya bahkan bisa mencium tuhh…aspal
jalanan…, atau nyungsep ke tengah sawah jika ngebut di jalan yang kanan
kirinya itu banyak tanaman padinya. Bengkel jenis ini biasanya
disenangi oleh anak-anak muda yang suka kebut-kebutan di jalan raya guna
menujukkan eksistensinya sebagai anak muda, bahkan pada kasus-kasus
tertentu bisa dijadikan taruhan yang memerlukan nyali khusus para
pengendaranya. Dalam kasus seperti ini, tidak jarang aparat kepolisian
dibuat pusing… oleh ulah kelompok-kelompok tertentu yang
menyelenggarakan adu balap liar tersebut, dimana keberadaannya sudah
menjalar ke berbagai macam lingkungan dikota-kota seluruh wilayah
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar